Kembaran Pacar

Bismillahirrahmanirrahim

Aku bertemu ibu kalian berdua pertama kali kurang lebih 10 tahun lalu. Saat itu secara tak sengaja aku melihatnya melintas di depan kostku bersama teman-teman kuliahnya. Saat itu mereka sedang mencari tugas kuliah. Dengan jilbabnya, ibu kalian terlihat lain sendiri.

Kebetulan rumah ibumu dekat kontrakan temanku. Kalau aku lagi main ke kontrakan temanku, aku sering melihatnya berjalan pulang atau berangkat kuliah, menyusuri kompleks kantor camat dekat rumah kakek kalian. Dia paling sering mengenakan baju kotak-kotak dan memakai tas punggung. Ciri khas anak kuliahan waktu itu. Jilbab putihnya melambai tertiup angin sore. Sesekali ia menyapa orang yang berpapasan dengannya yang kebetulan dia kenal. Dialah alasan utama aku sering berkunjung ke kontrakan temanku itu.

Dengan bantuan teman wanitanya yang kebetulan juga temanku, akhirnya aku bisa berkenalan dengan ibu kalian. Tapi sebelum aku berkenalan, teman wanitanya itu bilang bahwa ibumu itu pemalu dan pendiam. Dan itu aku buktikan sendiri. Asal kalian tahu saja, karena penampakanku yang imut, pada awalnya aku dikira anak SMA olehnya.

===

Kenangan tentang ibumu bertahun-tahun lalu itu tiba-tiba hadir kembali. Penyebabnya adalah teman-temanku, nak. Mereka bilang ada seseorang yang mirip banget dengan ibumu. Namanya Fatin Shidqia Lubis, salah satu peserta audisi X Factor Indonesia di RCTI. Katanya beberapa hari ini dia jadi trending topic di youtube. Sampai-sampai video dia menyanyi saat audisi di masukan ke blognya Bruno Mars, penyanyi asli lagu yang dia bawakan.

fatin shidqia lubis

Akupun penasaran, nak. Semirip apa sih si Fatin ini dengan ibumu? Dan setelah menonton rekamannya, dengan berat hati harus aku akui, dalam beberapa view dia memang mirip dengan ibu kalian dulu di waktu gadisnya. Gaya dia melongo dan pemalunya sama dengan ibumu.

Sayang nak, ibumu dulu bukan termasuk remaja narsis yang suka mengabadikan diri dalam sebuah foto atau video. Jadi agak sulit bagiku memberitahu letak kemiripan ibumu dengan si Fatin. Yang ada cuma beberapa foto lama semasa kuliah hasil jepretan teman-temannya yang diberikan pada ibumu. Dan ketika kuperlihatkan rekaman si Fatin, dia cuma tersenyum kecil, tanpa komentar.

Tapi sekali lagi, dia mirip dengan ibu kalian di waktu dulu. Sebelum ibumu memutuskan untuk mendampingi seorang pria ganteng yang sekarang kalian panggil Bapak ini. Sekarang ibumu agak sedikit lebih berisi. Bukan gendut, nak. Ibumu menolak keras disebut seperti itu.

Itulah proses alam, nak. Yang muda akan menjadi tua dan yang hidup akan menjadi mati. Itu sebuah keniscayaan. Tak ada yang abadi, kata ariel peterpan. Jadi nak, kalau kalian bertanya lebih catik mana si Fatin dengan ibu kalian, aku akan mantap menjawab : Ibu kalian. Dan tentu saja kalian berdua harus mempercayainya.

38 responses

  1. Uhuuuuy….:)

    Cinta yang membuat seseorang terlihat cantik, iya khaaan…
    Sepertinya justru ibunya anak-anak makin cantik ya Kang, seiring perjalanan waktu, bertambah usia itu justru membuat seseorang semakin cantik.
    kebayang kalau bilang Fatin yg lebih cantik..digetok panci sama ibunya anak-anak..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s