ketika pengasuh mudik

Bismillahirrahmanirrahim

Sudah hampir 2 minggu ini pengasuh anak-anak saya mudik ke sulawesi. Katanya sih (mudah-mudahan) cuma 2 minggu. Tapi tentu saja ini menyebabkan daily activity saya dan kekasih berubah total. Kami berdua harus berbagi tugas untuk menjaga anak-anak disamping bekerja di kantor. Kekasih kebagian jadwal dari natalan sampe tahun baru kemaren, sedang saya setelah tahun baru.

Sebenernya sih ada opsi laen selain menjaga mereka dirumah, yaitu dibawa kekantor. Tapi karena job dikantor lagi lumayan banyak  dan kalo pas pulang kantor pasti mereka ketiduran di motor, takutnya ntar jatuh lagi. Jadi mengingat dan menimbang hal tersebut di atas, saya dan kekasih memutuskan untuk menjaga mereka berdua dirumah. Itung-itung nambah liburan natal dan taon baru 

3 hari kemaren, saya kebagian jadwal menjaga jagoan neon. Lumayan stress juga. Anak-anak pada bandel dan sulit sekali diberi tau. Kombinasi dari kakak abi yang jahil dan acing yang sedikit cengeng membuat rumah tak pernah sepi dari teriakan-teriakan dan tangisan mereka berdua. Ga da matinye kata orang betawi. Mulai makan, mandi, main, nonton sampe mau bobo siang ada aja ulah mereka berdua. Keadaan baru aman-terkendali pas mereka tidur siang dan sesaat setelah bangun tidur, karena setelah bangun biasanya loading mereka agak lambat untuk on fire lagi.

Yang paling menjengkelkan adalah kalo mereka berdua berantem. Penyebabnya macam-macam. Tapi kebanyakan adalah berebut sesuatu. Acing yang mudah terhasut dengan mudah dikadalin sama kakaknya. Ketika sudah ngeh di bodohi, baru deh dia teriak. Sering juga karena acing yang suka menang sendiri (tipikal anak bungsu, I think). Dia suka mengklaim mainan milik kakaknya yang menurutnya lebih bagus dari miliknya. Jadilah kakaknya marah ketika acing merampok harta bendanya. Kalo udah gitu perang deh.

Kalo dulu waktu acing masih blom tau apa-apa, dia menyerah-pasrah aja ketika di dzolimi dan ditindas sama kakaknya. Sekali gertak di jamin acing pasti mewek trus lari minta mengadu ke saya atau ama kekasih. Tapi itu dulu, kini..hoho.. ga bisa lagi. Sekarang acing melawan. fight . Malah rada ekstrim. Pernah saya temukan sejumput rambut kakak abi di tangannya setelah mereka berantem *ckck

Selain berantem, mereka berdua juga bisa bekerja sama. Mereka berdua tolong-menolong dalam kejahatan eh, kenakalan. Misalnya saat mandi. Kakak abi yang lebih tinggi dengan mudah mengambil sabun, odol dan sampo. Sementara acing bertugas menuangkan dan mengaduknya di bak mandi. Dan… this is it! Jadilah adonan busa tanpa nama ala mereka berdua di bak mandi. Ketika saya tanya sapa yang melakukan mereka tunjuk-tunjukan, saling menyalahkan.

Ada juga saat mereka main corat-coret pake krayon. Saya sediakan krayon dan kertasnya, trus saya tinggal masak didapur. Tumben, dari dapur saya ga denger suara mereka. Biasanya ada aja yang diributin. Something wrong nih pikir saya. Ketika saya cek, ternyata bener. Kakak abi yang sudah mulai bisa menggambar, membuat gambar manusia abstrak di lantai, sedang acing melengkapinya dengan taring, rambut dan kumis. Saya pun marah, ‘kenapa ga gambar dikertas?! Kan ada kertasnya’ bentak saya. ‘Kurang besar pak…’ jawab kakak abi takut-takut. Arrgggghhhh…

Begitulah, selama 3 hari ini saya disibukan mengurus anak-anak. Meski capek dan (mungkin) tekanan darah saya sedikit naik, tapi semua itu hilang terbayar kalo liat mereka berdua sedang tidur. Mandangin wajah mereka berdua saat terlelap tu rasanya bahagiaaaa banget *tsaaah… Wajah-wajah polos mereka keliatan damai dan ga berdosa sama sekali. Terselip seuntai doa disela-sela melihat keduanya pulas tertidur. Saya meminta agar mereka jadi anak yang shalih dan bertaqwa pada Rabb-nya, juga berbakti pada orang tuanya. Karna doa anak yang shalih dapat menyelamatkan kedua orang tuanya. Amin.

Tinggalkan Balasan

